PEROLEHAN BAHAN AJAR MELALUI LAYANAN TOKO BUKU ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA

Authors

  • Whika Febria Dewatisari Universitas Terbuka

Keywords:

acquisition of modules, Mahasiswa UT, online bookstore, perolehan bahan ajar, students of Universitas Terbuka, toko buku online

Abstract

The purpose of this article is to explore the constrains of Universitas Terbuka (UT) online bookstore in Bandar Lampung regional center in serving UTs students. Data was collected by using questionnaire and analyzed by using percentage technique. The result showed that 50% students did not maximally use online Bookstore in buying UTs modules, and only 32% who really took the advantages and enjoyed outstanding service. The rest of students just used part of the services. Many students still did not know how to order the module via internet, ordering process was not always expeditious, difficult in ordering stage, and not all places where the students live have an internet access, and some places can not be reached easily. Meanwhile, modules was acquired in one way only which is through the online Bookstore.

 

Artikel ini menjelaskankan kendala Toko Buku Online (TBO) Universitas Terbuka (UT) dalam melayani pembelian bahan ajar/modul. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% mahasiswa Non Pendas di UPBJJ-UT Bandar Lampung tidak menggunakan layanan Toko Buku Online secara maksimal. Hanya 32% yang benar-benar memanfaatkan serta menikmati pelayanan yang memuaskan. Selebihnya hanya memanfaatkan sebagian dari layanan yang ada. Selain itu, masih banyak mahasiswa yang belum tahu cara memesan modul secara online, proses pemesanan tidak selalu lancar, sering terjadi kesulitan pada tahap pemesanan, dan tidak semua daerah tempat tinggal mahasiswa tersedia layanan internet serta tidak semua tempat dapat dijangkau dengan mudah oleh pos ataupun bank. Padahal untuk memperoleh modul mahasiswa hanya mempunyai satu jalur yaitu melalui Toko Buku Online yang harus diakses melalui internet. Toko Buku Online sebagai suatu layanan bagi mahasiswa untuk memperoleh modul masih dirasa menyulitkan bagi mahasiswa non pendas.

References

Aprijani, D.A., Sinar, T. E., Utan S, Unggul., Kani., & Firmansyah. (2010). Alternatif model toko buku online untuk Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 11(1),15-25.

Choi, J. & Nesi, H. (1999). An account of a pilot key pal project for korean children. In The Internet TESL Journal, 5 (3). http://iteslj.org/Articles/Choi-KeyPals.

Handayani, T. (2010). Analisis pengaruh konsumen terhadap persepsi risiko belanja online di Surabaya. Skripsi sarjana yang tidak dipublikasikan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Miller, M.D., Rainer, R.K., & Corley, J.K. (2003). Predictors of engagement and participation in an online course. Online Journal of Distance Learning Administration, VI (1).

Mohamad, I. (2003). Pelayanan publik dalam era desentralisasi dalam Seminar Pelayanan Publik Dalam Era Desentralisasi yang diselenggarakan oleh Bappenas, pada tanggal 18 Desember 2003, di Kantor Bappenas, Jakarta Pusat.

Muzumdar, P. (200..). Online bookstore - A new trend in textbook sales management for services marketing. Journal of Management and Marketing Research. The University of Texas at Arlington.

Noni, N. (2002). Promoting learning interaction through multimedia-based tasks in the second/foreign language classroom. Al-Diaz Fellowship, La Trobe University.

Padmo, D. (2007). Tingkat kepedulian dan self efficacy mahasiswa Universitas Terbuka terhadap e-learning. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8(1), 40-53.

Romagia. (2011). http://www.riaudirektori.com/Feature-Product/manfaat-dan-keuntungan-belanja-secara-online.html

RENSTRA, UT. (2010). RENSTRA Universitas Terbuka 2010 2021. Jakarta: Universitas Terbuka.

Semuel, H. (2006). Dampak respon emosi terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif konsumen online dengan sumberdaya yang dikeluakan dan orientasi belanja sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 8(2), 110-115.

Suhartini. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motif belanja secara online. Skripsi sarjana yang tidak dipublikasikan, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Stepp-Greany, J. (2000). Student perceptions on language learning in a technological environment: Implications for the new millennium. Language Learning and Technology, 6(1), 165-180. http://llt.msu.edu/vol6num1/STEPPGRANY/default.html.

Widiana, M. E., Supit, H, & Hartini, S. (2012). Penggunaan teknologi internet dalam sistem penjualan online untuk meningkatkan kepuasan dan pembelian berulang produk batik pada usaha kecil dan menengah di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(1), 72-78 Fakultas Ekonomi, Universitas Bhayangkara Universitas Airlangga.

Downloads

Published

29-08-2012

How to Cite

Dewatisari, W. F. (2012). PEROLEHAN BAHAN AJAR MELALUI LAYANAN TOKO BUKU ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 13(2), 106–112. Retrieved from https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/416

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.