PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR ONLINE TERHADAP PRESTASI MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA
Keywords:
achievement, bahan ajar online, mahasiswa, prestasi, student, teaching materials onlineAbstract
The implementation of learning materials based on online tutorial activities at the Universitas Terbuka is not optimal yet. One obstacle that occur is the lack of information technology, the high cost of access, and time limitation. This study analyzed the effect of the implementation of materials in the online tutorial on student achievement. The sample used in this study were students of the Faculty of Economics who took a course of Economic Statistics 1, in the academic year 2013.1 and 2013.2 with totaling 279 students. This study uses correlationmethods. The results of this study indicate that the use of teaching materials in the onlinetutorial has a positive influence on student achievement. Thus, the intensity of use of onlineteaching materials should be improved.
Penggunaan bahan ajar berbasis online pada kegiatan tutorial online di Universitas Terbuka ternyata belum maksimal. Beberapa kendala yang terjadi adalah kurangnya teknologi informasi yang dimiliki oleh mahasiswa, mahalnya biaya akses, dan keterbatasaan waktu. Penelitian ini menganalisis pengaruh penerapan bahan ajar online yang terdapat pada tutorial online terhadap prestasi mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mengambil mata kuliah Statistik Ekonomi 1 pada tahun akademik 2013.1 dan 2013.2 yang berjumlah 279 orang. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar online yang terdapat pada tutorial online memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan prestasi mahasiswa. Dengan demikian, intensitas penggunaan bahan ajar online harus lebih ditingkatkan.
References
Arsyad, Azhar. (1997). Media Pengajaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Alief. Fakhr. (2010). Pengaruh pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar TIK kelas XI tahun pelajaran 2008/2009. Didownload di pada tanggal 14 November 2013, dari http://fakhrialief.wordpress.com/2010/02/17/pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-sebagai-media-pembelajaran/.
Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of instruction. Cambridge Mass: Harvard University Press.
Dale, Edgar. (1969). Audio visual methods in teaching (Third Edition). New York, The Dryden Press, Holt, Rinehart and Winston,Inc.
Darnita, I.K, A.A.I.N. Marhaeni, & Made Candiasa. (2014). Pengaruh penggunaan bahan ajar online terhadap prestasi belajar Tikom dengan kovariabel aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Dwijendra Gianyar. Journal program pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan Dasar. Vol. 4 Tahun 2014.
Gagné, R. M. & Briggs, L. J. (1974). Principles of instructional design. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Kemp, J.E & Dauton,D.K. (1985). Planning and producing instructional media (Fifth Edition). New York: Harper and Row Publishers.
Seels, B., & Richey, R. (1994). Instructional technolog: The definition and domains of the field. Washington DC; AECT.
Taris. Lu’mu. (2011). Pengembangan bahan ajar berbasis web. Jurnal MEDTEK, vol 3(2).
Wiendartun, Taufik Ramlan Ramalis, Hery Saeful Rochman. (2012). Pengaruh pembelajaran berbasis multimedia terhadap hasil belajar fisika. Proceeding of The First International Seminar on Science Education, ISBN: 979-25-0599-7.