Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Bahan Ajar Digital Interaktif dalam Pembelajaran di Universitas Terbuka
DOI:
https://doi.org/10.33830/ptjj.v24i1.4774.2023Keywords:
bahan ajar digital, bahan ajar interaktif, persepsi mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Universitas Terbuka (UT) telah menginisiasi pengembangan prototipe Bahan Ajar Digital Interaktif (BA Digital Interaktif) untuk MK MPDR5204 Difusi Inovasi Pendidikan pada tahun 2017. Dua puluh orang mahasiswa dari UPBJJ-UT Bandung dan Surakarta yang meregistrasi MK MPDR5204 pada semester 2 dipilih sebagai responden dalam uji coba evaluasi one-to-one pemanfaatan BA Digital Interaktif dalam pembelajaran di UT. Aspek BA Digital Interaktif yang di uji coba meliputi kepemilikan gadget mahasiswa, kemudahan/kesulitan proses download reader dan BA Digital Interaktif, kualitas cover depan, kualitas dan manfaat audio dan video dalam BA Digital Interaktif, navigasi, tanggapan mahasiswa terhadap tugas, rangkuman dan tes formatif, sumber pustaka, dan kemudahan pemanfaatan BA Digital Interaktif secara umum dalam pembelajaran. Data dan informasi dianalisis secara deskriptif dan ditabulasi berdasarkan rekaman wawancara dan catatan peneliti. Hasil uji coba menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa mempunyai persepsi yang positif dan berminat menggunakan BA Digital Interaktif. Sedangkan mahasiswa yang lain berpendapat lebih menyukai bahan ajar dalam bentuk tercetak. Keragaman persepsi ini disebabkan oleh beragamnya kondisi mahasiswa pengguna, yang mencakup ketersediaan perangkat, sinyal, dan kemenarikan bahan ajar.
References
Damayanti, D. L., Hidayati, D., & Mandasari, O. (2023). Digital Library: Upaya Mewujudkan Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4487-4496.
Fatmawati, E. (2022). Alih Media Digital Dalam Kegiatan Pelestarian Informasi. Al-Ma'arif: Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, 2(1), 92-106.
Agustina, N., & Adesti, A. (2019). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar dan Pembelajaran Pada FKIP-Universitas Baturaja. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 83-93.
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), 308-318.
Baker-Eveleth, L., & Stone, R. W. (2015). Usability, expectation, confirmation, and continuance intentions to use electronic textbooks. Behaviour & Information Technology, 34(10), 992-1004.
Bozkurt, A., & Bozkaya, M. (2015). Evaluation Criteria for Interactive E-Books for Open and Distance Learning. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 16(5), 58-82. Retrieved from https://www.irrodl.org/index.php/irrodl/article/view/2218/3434
Gani, A. G. (2014). Teknologi E-Library. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 1(1), 61-67.
Harahap, F. A. (2021). Hubungan Sumber Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Binjai. (Disertasi Doktoral, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Justicia, L. T., Tolle, H., & Amalia, F. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Messaging Berbasis Voice Interaction Bagi Penderita Tunanetra Pada Sistem Operasi Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(7), 620–627.
Majid, A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar: Penerbit Aksara Timur.
Manurung, P. (2021). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Hikmah, 17(2), 115-127.
Marbun, P. (2020). Disain pembelajaran online pada era dan pasca covid-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129-142.
Matas, M. (2011). A next-generation digital book. TED: Talks in less than six minutes. Retrieved from http://www.ted.com/talks/mike_matas?v2=0
Mujiono, Degeng, I. N., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan Pembelajaran Sistem Blended Berbasis Universal Design for Learning untuk Kelas Inklusif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 758-763.
Pribadi, B. A. (2019). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Putra, I. K., Suarsana, I. M., & Suharta, I. G. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Pecahan untuk Siswa SMPLB Tunarungu dengan Pendekatan Multi Representasi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 9(2), 158-170.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.
Scott, D. (2014). Ebooks in further education. In H. Woodward, Ebooks in Education: Realising the Vision (pp. 9-14). London: Ubiquity Press. doi:10.5334/bal
Simarmata, J., Sari, D. C., Purba, D. W., Mufarizuddin, & Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Transformasi Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sukmawati, E., Fitriadi, H., Pradana, Y., Dumiyati, Arifin, Saleh, M. S., . . . Rinaldi, K. (2022). Digitalisasi Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.
Tangkudung, E. N., Rotty, V. N. J., Usoh, E. J., Lalamentik, O. J., & Tuerah, R. M. S. (2022). Peranan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Vassiliou, M., & Rowley, J. (2008). Progressing the definition of "e‐book". Library Hi Tech, 26(3), 355-368.
Wicaksono, A. (2022). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Garudhawaca.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ida Malati Sadjati, Asnah MN Limbong, Suciati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.