Inovasi Pembelajaran Fisika: Metode Eksperimen dengan Aplikasi OLABS dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar
Keywords:
experimental method, Olabs Application, Learning Motivation, Physics Learning, Educational InnovationAbstract
This study aims to address the issue of student motivation in learning physics using the OLABS application, specifically the "Pendulum Lab" simulation. The preparation steps include exploring the OLABS simulation, developing the Lesson Plan (RPP), and creating Student Worksheets (LKS). The research subjects were 35 students of class X.2 at UPTD SMAN 1 Kalukku. Data were collected using questionnaires and analyzed using descriptive quantitative methods. The results showed that the application of the experimental method assisted by the OLABS application significantly increased student motivation, with the average motivation score rising from 54.02 (low category) to 73.32 (high category). These findings indicate that the use of the experimental method through the OLABS application is effective in increasing the motivation to learn among students of class X.2 at UPTD SMAN 1 Kalukku.
References
Agusmin, R., Nirwana, N., & Rohadi, N. (2018). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET di Kelas XI IPA-C SMAN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2 Agustus), 53- 59.
Alvinda, I. (2022). Pengaruh Media Virtual Lab dengan Aplikasi Olabs untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di MA NU Raudlatus Shibyan (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Asie, Y. P. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika dengan Penggunaan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology). Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 46-49.
DIDIK. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(1), 7-18.
Hermansyah, H., dkk. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.
Layuk, F. P. (2020). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(1), 32-38.
Mu'minah, I. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Praktikum Virtual Lab Berbasis Olabs (Online Laboratory) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Community Service, 2(1), 99-107.
Nadiya, A. Z., dkk . (2022). Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1773-1781.
Nurrokhmah, S.A. & Sunarto, W. 2013. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 76-84.
Sari, F. (2019). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 75-83.
Sarini, P. (2015). Pengaruh Virtual Experiment Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia, 2(2).
Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252-261.
Sugiarto, W. (2023). Pengembangan Vili-Have (VIRTUAL LAB IDENTIFIKASI HEWAN VERTEBRATA) UNTUK MENGUATKAN LITERASI SAINS PESERTA
Sumantri, M., & Permana, J. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Zakirman, & Hidayati. (2017). Praktikalitas media video dan animasi dalam pembelajaran fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(1), 85-93.
Zakirman, Rahayu, C., & Gusta, W. (2022). E-Animation Media to Improve the Understanding of Elementary School Science Learning. Jurnal Basicedu, 6(3), 3411-3419.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hadria Hadria, zakirman zakirman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










