PENGEMBANGAN MODEL PENELUSURAN DISKUSI TUTORIAL ONLINE MELALUI APLIKASI FAQ (FREQUENTLY ASK QUESTION)

Authors

  • Pardamean Daulay Universitas Terbuka
  • Badrus Zaman Universitas Terbuka

Keywords:

aktivitas diskusi, aplikasi FAQ, discussion activity, FAQ application, model penelusuran, online tutorial, searching model, tutorial online

Abstract

This research aims to develop the searching model of students and tutors answer and question activity in online tutorial (tuton) through FAQ system. All of the answers and question are collected in FAQ application so that it can be easily accessed by the students, both forms of online and offline in HTML format in TXT format, So, tutors dont need to write down the answers, if the students have made the documentation. The procedure of development follows in Borg and Gall which consists of 6 steps, they are; information collection, planning, pre-product development, pre-test, pre-product revision, and field test. For model planning is done by collaborating with lecturers of information system department, sains and technology faculty, Airlanga University. The subject of research is visual communication expert and computer expert to examine the product, students and MPS Tuton in registration time 2011-2012. To examine the field test or model evaluation. The data analysis uses the descriptive qualitative method and served in narration bases on research finding. Based on the result of field test, 96,1% students stated that FAQ application help to understand module material, 96,1% stated that documentation of answers is understandable, and 94,5% stated that document of answer and question is suitable with students desire and needs. Therefore, FAQ application affectively helps students to understand MPS subject and prepare to face the final test (uas). The offered recommendation is FAQ Application which is developed to other subjects and recommend entirely usage in UT, event all tutors are possibly recommended to use FAQ application in the time of doing online tutorial.

 

Artikel ini bertujuan untukmemaparkan tentang pengembangan model penelusuran dokumen aktivitas tanya jawab mahasiswa dan tutor dalam tutorial online (tuton) melalui sistem FAQ, serta menguraikan efektivitas penggunaan FAQ pada mata kuliah MPS. Seluruh dokumen tanya jawab dikumpulkan dalam aplikasi FAQ agar dapat diakses mahasiswa, baik bentuk online dalam format HTML maupun offline dalam format TXT, sehingga tutor tidak perlu menulis ulang jawaban, jika pertanyaan mahasiswa telah terdokumentasi. Prosedur pengembangan mengikuti alur Borg and Gall (1989) terdiri atas 6 langkah, yaitu; mengumpulkan informasi, menyusun perancangan produk, mengembangkan produkawal, uji awal, merevisi produkawal, dan uji lapangan. Untuk perancangan model dilakukan kolaborasi dengan dosen Jurusan Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair). Subjekpenelitian adalah ahli komunikasivisual danahli komputer untuk pengujian produk, mahasiswa peserta tuton MPS masa registrasi 2011.2 untuk pengujian lapangan atau evaluasi model. Datadianalisis menggunakanmetode kualitatif deskriptifdanditafsirkandengan caranarasiberdasarkan temuanpenelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba awal produk aplikasi FAQ yang dikembangkan sudah valid dan dapat digunakan. Hasil pengujian lapangan juga menunjukkan bahwa 100% mahasiswa menyatakan sistem penelusuran dokumentasi aktivitas diskusi tanya jawab materi mata kuliah MPS mudah digunakan dan dapat dibaca secara berulang kapan saja, 96,1% menyatakan materi dokumentasi dapat membantu memahami materi modul MPS, 96% menyatakan dokumentasi jawaban mudah dipahami, 94,5% menyatakan dokumentasi tanya jawab sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mahasiswa. Berdasarkan hasil pengujian lapangan, 96,1% mahasiswa menyatakan aplikasi FAQ membantu memahami materi modul, 96,1% menyatakan dokumentasi jawaban mudah dipahami, dan 94,5% menyatakan dokumentasi tanya jawab sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mahasiswa. Dengan demikian, aplikasi FAQ sangat efektif membantu mahasiswa dalam memahami mata kuliah MPS dan persiapan menghadapi ujian akhir semester (UAS). Rekomendasi yang dapat ditawarkan adalah aplikasi FAQ dikembangkan untuk mata kuliah lain dan mengusulkan penggunaan secara meluas di UT, bahkan jika memungkinkan seluruh tutor disarankan untuk memanfaatkan aplikasi FAQ ketika melaksanakan tutorial online.

References

Ayuni, D. (2006). Aktivitas tutor dalam tutorial online pada Program Studi Manajemen UT. Jakarta: Pusat penelitian kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.

Afriani. (2007). Analisis pemanfaatan tutorial online mata kuliah writing I. Jurnal Pendidikan Tinggi Jarak Jauh, 8 (1), 15-23.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1989). Educational research: An introduction (4th ed). London: Longman, Inc

Belawati, T. (2010), Dampak penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap perkembangan karakter peserta didik. Makalah disampaikan pada kegiatan UPI di UPBJJ-UT Surabaya, 13 Juli 2010.

Darmayanti, T. (2004). Dampak inovasi tutorial elektronik terhadap peran tutor pada pendidikan tinggi jarak jauh, Dalam Asandhimitra dan Kawan-kawan (Eds). Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. h.304315. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Daulay, P.. (2010). Laporan pelaksanaan tutorial online mata kuliah Metode Penelitian Sosial tahun 2010.1 dan 2010.2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dewiki, S. & Budiman, R. (2004). Aktivitas dan interaksi mahasiswa pendidikan tinggi jarak jauh dalam tutorial online: studi kasus FISIP UT, Dalam Asandhimitra dan Kawan-kawan (Eds), Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. h 196 217. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Faizaliskandar, M. (1995). Pemanfaatan database dalam kegiatan media massa. Dalam Panel Diskusi Basis Data Sebagai Kekuatan Media Massa yang diselenggarakan oleh Panca Media Studio.

Hersh, R. (1995). FAQs about FAQs, Diambil 21 Januari 2010, dari: http://en.wikipedia.org/wiki/FAQ.

Jogiyanto (1999). Analisis dan desain sistem informasi: Pendekatan terstruktur. Yogyakarta: Andi Offset.

Noviyanti, M. (2006). Kesiapan tutor UT dalam mengelola tutorial online, Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan dan Pengembangan Sistem, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.

Puspitasari, K. A. & Huda, N. (2000). Review hasil penelitian tentang tutorial di universitas terbuka. Diambil tanggal 27 Januari 2011, dari: http://pk.ut.ac.id/jp/index.htm.

Sendjaja, S. D. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Universitas Terbuka (2010). Laporan Kerja Rektor UT Tahun 2009. Jakarta: Universitas Terbuka.

Universitas Terbuka (2008) Panduan Tutorial online. Diambil tanggal 27 Januari 2011, dari: http://student.ut.ac.id/.

Wardani, IGAK (2000). Program tutorial dalam sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Tinggi Jarak Jauh, 1 (2), 41 52.

Whitehead, S. D. (1995). Auto-FAQ: an experiment in cyberspace leveraging. Diambil 19 Januari 2012, dari: http://people.dsv.su.se/~eriks/ Sneiders1999.pdf.

Downloads

Published

29-08-2012

How to Cite

Daulay, P., & Zaman, B. (2012). PENGEMBANGAN MODEL PENELUSURAN DISKUSI TUTORIAL ONLINE MELALUI APLIKASI FAQ (FREQUENTLY ASK QUESTION). Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 13(2), 80–93. Retrieved from https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/413

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.