Penerapan Teknologi Remote Laboratory Dalam Memperkuat Sosialisasi Promosi Di Program Studi Biologi Universitas Terbuka

Authors

  • Sri Kurniati Handayani Universitas Terbuka (Indonesia)
  • Inggit Winarni Universitas Terbuka (Indonesia)
  • Diki Diki Universitas Terbuka (Indonesia)
  • Mutimanda Dwisatyadini Universitas Terbuka (Indonesia)

DOI:

https://doi.org/10.33830/ptjj.v22i2.1985.2021

Keywords:

sosialisasi, promosi, remote laboratory, pendidikan tinggi jarak jauh, biologi

Abstract

Saat ini jumlah mahasiswa Program Studi Biologi Universitas Terbuka (UT) masih perlu ditingkatkan. Mengingat jumlah mahasiswa yang masih kurang, perlu diadakan penelitian mengenai model promosi, khususnya dengan memanfaatkan potensi UT di bidang teknologi pendidikan jarak jauh antara penerapan remote laboratory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa Biologi memperoleh sosialisasi dan promosi tentang Program Studi Biologi selama ini selanjutnya perancang model sosialisasi dan promosi yang berbasis remote laboratory untuk Program Studi biologi. Metode penelitian yang digunakan berupa pengembangan kuesioner, pengembangan model dan pembuatan media, pedoman wawancara mengenai jenis media dan materi sosprom, pengambilan data dengan wawancara dan diskusi kelompok, serta uji coba media dan remote laboratory. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian besar mahasiswa biologi UT mendapatkan informasi untuk masuk ke Program Studi ini melalui temannya. Setelah mendapat informasi dari teman, barulah mereka mencari informasi yang lebih lengkap mengenai UT. Sebagian besar mereka mendapatkan informasi tersebut dari internet. Selanjutnya telah disusun program sosialisasi dan promosi yang meliputi berbagai kegiatan dan berbagai media. Kegiatan yang dilakukan seperti kunjungan ke SMA atau ke instansi yang memiliki pegawai yang berpotensi kuliah di Program Studi biologi UT yang akan dilengkapi kegiatan praktikum singkat menggunakan perangkat remote lab. Penggunaan mikroskop berkoneksi internet merupakan kegiatan yang menarik bagi mahasiswa. Mahasiswa merasa terbantu untuk memahami materi yang dijelaskan dengan mikroskop tersebut. Kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan daya tarik Program Studi Biologi UT di kalangan siswa SMA dan pegawai yang ingin melanjutkan kuliah

References

Dharmawansyah, Surya, Cangara, Hafied, & Sultan, Muhammad Iqbal. (2014). Strategi promosi dalam meningkatkan jumlah mahasiswa pada politeknik negeri media kreatif makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 256–263.

Kennepohl, Dietmar Karl, & Shaw, Lawton. (2010). Accessible elements: Teaching science online and at a distance. Athabasca University Press.

Kumar, Dhanush, Radhamani, Rakhi, Nizar, Nijin, Achuthan, Krishnashree, Nair, Bipin, & Diwakar, Shyam. (2018). Virtual and remote laboratories augment self learning and interactions: Development, deployment and assessments with direct and online feedback. PeerJ Preprints.

Ma, Jing, & Nickerson, Jeffrey V. (2006). Hands-on, simulated, and remote laboratories: A comparative literature review. ACM Computing Surveys (CSUR), 38(3), 7-es.

Puspa, Yuyun Yunita, Unde, Andi Alimuddin, & Bahfiarti, Tuti. (2014). Strategi Promosi dalam Menjaring Calon Mahasiswa Baru pada Upbjj-ut Palu di Wilayah Propinsi Sulawesi Tengah. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 281–288.

Downloads

Published

21-12-2021

How to Cite

Handayani, S. K., Winarni, I. ., Diki, D., & Dwisatyadini, M. . (2021). Penerapan Teknologi Remote Laboratory Dalam Memperkuat Sosialisasi Promosi Di Program Studi Biologi Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 22(2), 88–95. https://doi.org/10.33830/ptjj.v22i2.1985.2021

Issue

Section

Articles