PRINSIP UTAMA

Artikel yang diterima harus memenuhi persyaratan berikut: merupakan hasil penelitian sendiri menggunakan metode penelitian yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan atau merupakan studi pustaka dengan kaidah yang sesuai.

PEDOMAN UMUM

Pedoman umum penulisan artikel dalam food scientia adalah

  1. Artikel Ilmiah yang dikirimkan adalah hasil penelitian sendiri dan belum pernah diterbitkan di media publikasi lain yang dinyatakan dalam Surat Pernyataan Penulis”
  2. Tidak mengandung unsur plagiarism
  3. Artikel ditulis dalam bentuk Microsoft word (.doc) dengan kertas ukuran A4 (210 x297 mm), dengan margin atas, bawah, dan kanan sebesar 2 cm dan margin kiri sebesar 3 cm.
  4. Artikel ditulis menggunakan bahasa Indonesia maupun Inggris tidak lebih dari 3000 kata menggunakan Times New Roman (TNR) 12, spasi 1.
  5. Artikel berupa hasil penelitian di laboratorium atau lapangan ditulis dengan memuat beberapa aspek judul, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan,  kesimpulan, dan  daftar pustaka.
  6. Artikel berupa studi pustaka ditulis dengan memuat beberapa aspek judul, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, bagian-bagian dengan sub-judul (sub-heading) ringkas, dan maksimum 30 referensi
  7. Kata-kata dari bahasa asing atau asing dinyatakan dalam format Italic. Singkatan harus mengikuti simbol Sistem Internasional (SI) dan yang direkomendasikan oleh International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC). Singkatan harus didefinisikan dalam tanda kurung setelah disebutkan pertama kali dalam teks. Unit pengukuran juga harus mengikuti Sistem Internasional yang berlaku. Unit standar pengukuran dan simbol kimia elemen dapat digunakan tanpa definisi
  8. Referensi menggunakan APA style
  9. Redaksi berhak mengubah naskah tanpa mengurangi isi yang terkandung di dalamnya, dan juga berhak menolak naskah yang dianggap tidak memenuhi ketentuan yang disyaratkan