Relevansi demokrasi deliberatif Jürgen Habermas dengan pendidikan kewarganegaraan

Authors

  • Elly Nur Rahmawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Samsuri Universitas Negeri Yogyakarta
  • Suyato Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33830/jhce.v2i1.6251.

Keywords:

demokrasi deliberatif, Jurgen Habermas, pendidikan kewarganegaraan

Abstract

Kajian ini membahas relevansi antara konsep demokrasi deliberatif Jurgen Habermas dengan pendidikan kewarganegaraan. Konsep demokrasi deliberatif Habermas menekankan pentingnya komunikasi rasional dan partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan politik. Pendidikan kewarganegaraan, sebagai bagian penting dari proses pendidikan, bertujuan membentuk warga negara yang aktif, terlibat, dan memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip demokrasi. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan studi kepustakaan, dengan menggali referensi melalui kajian teoretis terhadap dokumen-dokumen seperti jurnal dan buku yang relevan dengan topik masalah. Kajian ini menjelaskan bagaimana pendidikan kewarganegaraan dapat menjadi landasan yang relevan bagi demokrasi deliberatif dan membantu membangun keterampilan komunikasi serta dialog rasional yang penting dalam demokrasi deliberatif. Selanjutnya, kajian ini menyoroti peran pendidikan kewarganegaraan dalam mendorong partisipasi aktif warga negara dalam proses politik. Kesimpulannya, kajian ini menegaskan bahwa pendidikan kewarganegaraan memiliki relevansi yang kuat dengan demokrasi deliberatif Habermas. Melalui pendidikan kewarganegaraan, kita dapat membentuk warga negara yang memiliki pemahaman mendalam tentang demokrasi deliberatif, keterampilan komunikasi yang efektif, dan kesiapan untuk berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan politik yang melibatkan seluruh masyarakat.

References

Benhabib, S. (2002). The claims of culture: Diversity equality and in the global era. Princeton University Press.

Branson, M. S. (1999). Belajar civic education dari Amerika. LKiS.

Davies, I. (2020). Civic and citizenship education in volatile times. Preparing students for citizenship in the 21 st century. British Journal of Educational Studies, 68(1), 125–127. https://doi.org/10.1080/00071005.2019.1676009

Frache, G., Tombras, G. S., Nistazakis, H. E., & Thompson, N. (2019). Pedagogical approaches to 21st century learning: A model to prepare learners for 21 st century competencies and skills in engineering . 2019 IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON), 711–717. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2019.8725214

Franch, S. (2020). Global citizenship education: A new ‘moral pedagogy’ for the 21st century? European Educational Research Journal, 19(6), 506–524. https://doi.org/10.1177/1474904120929103

Habermas, J. (1996). The European nation state. Its achievements and its limitations. On the past and future of sovereignty and citizenship. Ratio Juris, 9(2), 125–137.

Kerr, D. (1999). Citizenship education in the curriculum: An international review. School Field, 10(3/4), 5–32.

Logan, A. (2016). Digital Citizenship in 21st Century Education. Dominican University of California. https://doi.org/10.33015/dominican.edu/2016.edu.08

Mason, L. E. (2017). The Significance of Dewey’s & Democracy and Education for 21th Century Education. Education and Culture, 33(1), 41. https://doi.org/10.5703/educationculture.33.1.0041

Miller, B. (2020). Aristotle on citizenship and civic education: The central role of political participation. The Palgrave Handbook of Citizenship and Education, 17–33.

Print, M. (2013). Competencies for democratic citizenship in Europe. Civic Education and Competences for Engaging Citizens in Democracies, 37–49.

Santoso, G. (2021). The philosophical power of civic education 21st century in Indonesia. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 4(1), 72–79. https://doi.org/10.29138/ijebd.v4i1.1220

Thomas, J., Utley, J., Hong, S.-Y., Korkmaz, H., & Nugent, G. (2020). A Review of the Research. Handbook of Research on STEM Education.

van der Ploeg, P. A. (2019). Dewey and citizenship education: Schooling as democratic practice. In Peterson, A., Stahl, G., Soong, H. (eds), The Palgrave Handbook of Citizenship and Education (pp. 1–14). Palgrave Macmillan, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-67905-1_20-1

White, C. (2018). Global education in the 21st Century. In C. White, Internationalizing Education (pp. 25–31). Brill. https://doi.org/10.1163/9789004364622_003

White, C. S. (2020). Wielding social media in the cyber-arena: Globalism, nationalism, and civic education. Research in Social Sciences and Technology, 5(1), 1–21. https://doi.org/10.46303/ressat.05.01.1

Downloads

Published

2024-02-09

How to Cite

Nur Rahmawati, E., Samsuri, & Suyato. (2024). Relevansi demokrasi deliberatif Jürgen Habermas dengan pendidikan kewarganegaraan. Journal of Humanities and Civic Education, 2(1), 18–23. https://doi.org/10.33830/jhce.v2i1.6251.

Issue

Section

Articles