Keselarasan materi Pancasila dan Kewarganegaraan di perguruan tinggi seni budaya berdasarkan Kebijakan Kementerian Pendidikan 2020
DOI:
https://doi.org/10.33830/jhce.v2i1.5707.Keywords:
materi perkuliahan, Pancasila dan Kewarganegaraan, perguruan tinggi berbasis seni dan budayaAbstract
Kajian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan menelaah kesesuaian materi perkuliahan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI nomor 84/E/KPT/2020. Kajian ini dilakukan di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis data secara kualitatif dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa materi perkuliahan Pancasila dan Kewarganegaraan pada perguruan tinggi berbasis seni dan budaya belum sepenuhnya sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 84/E/KPT/2020. Untuk itu, seyogyanya perlu dilakukan beberapa penyesuaian dengan tidak meninggalkan ciri khas yang dimiliki masing-masing program studi.
References
Ardiyan, L., Pangaribuan, W., Ahmad, S. T., & Arif, S. (2022). Analisa kebijakan standarisasi mutu pendidikan Indonesia dengan Teori Ilmu Kebijakan Brewer. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 6209-6219.
Asyahidah, N. L., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menumbuhkan kesadaran nasionalisme pada generasi muda di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9901-9908.
Budiywono, E. (2015). Kontribusi mata kuliah Pancasila dalam pembentukan karakter mahasiswa. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 6(2), 111-125.
Gultom, P. (2021, June 22). Nasib Pancasila dalam kurikulum nasional. Koran Analisa. https://analisadaily.com/e-paper/2021-06-22/files/assets/basic-html/index.html#12
Kogoya, W. (2020). Buku Ajar Pendidikan Pancasila bagi Mahasiswa. Widina Bhakti Persada
Manalu, A., et al. (2023). Analisis tantangan Kurikulum Merdeka Belajar dalam belajar pendidikan kewarganegaraan di era revolusi industri 4.0. Advances in Social Humanities Research, 1(4), 445-452.
Nawawi, A. (2022, March 20). Penghapusan Pancasila dalam muatan kurikulum pendidikan tinggi menurut Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021. https://doi.org/10.31219/osf.io/7kgxj
Nugraha, Y., et al. (2020). Kurikulum Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis digital di era revolusi industri 4.0. Jurnal Buana Ilmu 5(1), 199-211.
Prasetio, T. A., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Pendidikan Pancasila pada mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8638-8643.
Suryono, H. (2020). Revitalisasi Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi sebagai upaya meningkatkan nasionalisme bangsa. Jurnal PPKn: Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 99-103.
Swaradesy, R. G. (2020). Konsep kebersihan masyarakat Kampung Naga dalam perspektif Eco-philosophy. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 4(1), 27-39.
Swaradesy, R. G., Shafanissa, W., Nagara, M. R., & Fitra, A. (2021). Edukasi tourism branding berbasis kearifan lokal di SMAN 1 Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Indonesia Berdaya, 2(2), 113-119.
Swaradesy, R. G. (2022). Hubungan manusia dan teknologi dalam tinjauan filsafat teknologi Don Ihde (Studi Film Say Hello to Yellow karya BW Purba Negara). LAYAR: Jurnal Ilmiah Seni Media Rekam, 8(1), 17-30.
Wibowo, A. P., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha konkret untuk memperkuat multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Civics, 14(2), 196-205.
Winata, K. A., Sudrajat, T., Yuniarsih, Y., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Peran dosen dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk mendukung program moderasi beragama. Jurnal Pendidikan, 8(2), 98-110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rufus Goang Swaradesy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

