Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Autis

Authors

  • Puspita Ningrum Universitas Negeri Jakarta
  • Wuryani Wuryani Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Leliana Lianty Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33830/ptjj.v22i2.2848.2021

Keywords:

strategi pembelajaran, pelajaran bahasa indonesia, guru, autisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik dengan autisme di Sekolah Alam Amardhika. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas integrated di Sekolah Alam Amardhika, pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pada kegiatan belajar mengajar, wawancara dan studi dokumen. Data yang diperoleh, diolah dan ditampilkan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sekolah Alam Amardhika memiliki strategi pembelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia yang terintegrasi di dalam Program Pembelajaran Induvidual(PPI) pada aspek akademik. Metode yang digunakan guru dalam mengajar diantaranya ABA, TEACCH, demonstrasi, penugasan dan tanya jawab. Media pembelajaran menggunakan media visual. Adanya perkembangan kemampuan bahasa indonesia peserta didik melibatkan semua komponen di sekolah. Evaluasi dari strategi pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dilakukan oleh guru, terapis dan kepala sekolah, hasil dari evaluasi tersebut dinarasikan dalam bentuk portofolio perkembangan dan lembar kerja peserta didik dengan autisme.

References

Andy Bondy, L. F. (2001). The Picture Exchange Communication System.
Behavior Modification 25(5) , 725.
Carpenter, L. (2913). Autism Spectrum Disorders. DSM-5 , 1-7.
Daroni, G. A. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Anak Autis,
DOI:10.14421/ijds.050206. INKLUSI 5(2) , 271–290.
Gary B. Mesibov, V. S. (2004). The Teacch Approach to Autism Spectrum
Disorders. New York: Springer.
Handojo. (2009). Autisme pada Anak. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Popule.
Marlina. (2013). Aplikabilitas Metode Apllied Behavior Analysis untuk
Mengurangi Perilaku Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity
Disorder). INSANIA , 44.
Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. BAndung:
Tarsito.
Ngalimun. (2016). Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja
Pressind.
Sugiono. (2008). MetodePenelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif dan
R&D. Bandung: alfabeta.
Umami, R. (2021, Juni 29). Diadona.id. Dipetik 1 30, 2022, dari
https://www.diadona.id/family/strategi-mendidik-anak-asd-mengapametode-teacch-berhasil-210629f.htm

Downloads

Published

21-12-2021

How to Cite

Puspita Ningrum, Wuryani, W., & Lianty, L. . (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Autis. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 22(2), 74–87. https://doi.org/10.33830/ptjj.v22i2.2848.2021

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.