Strategi Pengembangan Jamu Jawa Tradisional CV. Santoso di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

  • Dini Nafisatul Mutmainah Program Studi Manajemen Agroindustri, Jurusan Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember
  • Ahmad Haris Hasanuddin Slamet Program Studi Manajemen Agroindustri, Jurusan Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember
  • Dian Kumaila Dewi Program Studi Manajemen Agroindustri, Jurusan Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember
  • Nadhirotul Diniyah Program Studi Manajemen Agroindustri, Jurusan Manajemen Agribisnis Politeknik Negeri Jember PSDKU Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.33830/fsj.v2i1.2844.2022

Kata Kunci:

jamu Jawa tradisional, CV. Santoso Banyuwangi, analisis SWOT, analisis AHP

Abstrak

CV. Santoso merupakan perusahaan jamu jawa tradisional di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Perkembangan industri jamu di Indonesia berkembang sangat pesat. Kondisi ini menuntut CV. Santoso harus menentukan strategi pemasaran yang tepat agar produknya dapat bersaing dengan berbagai produk jamu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal dari perusahaan CV. Santoso, untuk mengetahui beberapa alternatif strategi pengembangan yang dapat digunakan oleh perusahaan serta strategi prioritas yang sesuai untuk perusahaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan analisis AHP. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan promosi dengan membuat tim promosi merupakan strategi prioritas utama dari pengembangan jamu Jawa tradisional CV. Santoso. Nilai bobot yang dihasilkan dari strategi prioritas utama sebesar 0,139, dengan menggunakan konsistensi logis 8%. Strategi prioritas utama yaitu dengan membuat tim promosi dapat diimplementasikan untuk memperluas pemasaran produk melalui media cetak, media massa, dan media sosial.

Referensi

Afrillita, N. 2013. Analisis SWOT dalam menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda. eJurnal Administrasi Bisnis. 1(1): 56-70.

Ananta, R.D. 2015. Analisis Strategi Pemasaran PT. Madubaru Yogjakarta [tugas akhir]. Yogjakarta : Universitas Negeri Yogjakarta.

Andriati and Wahyudi, R.M.T. 2016. Tingkat Penerimaan Penggunaan Jamu Sebagai Alternatif Penggunaan Obat Modern pada Masyarakat Ekonomi Rendah-Menengah dan Atas. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik. 29(3): 133-145.

David, F.R. 2009. Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

David, F.R. 2016. Manajemen Strategi : Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.

Diarsa, A. W., Januar, J., & Suwandari, A. (2018). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pengembangan Home Industry Kupang Kering Di Desa Balongdowo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 10(3), 30. https://doi.org/10.19184/jsep.v10i3.5681

Evalia, N. A., Sa’id, E. G., & Suryana, R. N. (2012). Strategi Pengembangan Agroindustri Dan Peningkatan Nilai Tambah Gambir Di Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 9(3), 173–182.

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603

Falatehan, A.F. 2016. Analytical Hierarchy Process (AHP) : Teknik Pengambilan Keputusan untuk Pembangunan Daerah. Yogjakarta: Indomedia Pustaka.

Anonim (2018). Perkembangan Bahan Baku Obat Tradisional di Indonesia Terus Meningkat. https://farmasi.ui.ac.id/2018/12/perkembangan-bahan-baku-obat-tradisional-di-indonesia-terus-meningkat/

Hana, O. DB. 2019. Pertumbuhan Industri Jamu & Obat Tradisional Tembus 6 Persen pada 2019. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200116/257/1190879/pertumbuhan-industri-jamu-obat-tradisional-tembus-6-persen-pada-2019

Hardiyansyah, A., Ikhwan, A. and Kurniawati, R. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mie Basah. Jurnal Algoritma STT-Garut All Right Reserved. 13(1): 1-13.

Hutagaol, R.E., Hubeis, M., and Soekarto, S.T. 2010. Kajian Strategi Pemasaran Es Krim Baltic di PT. Balticindo Jayafood Jakarta. Jurnal Kajian Strategi Pemasaran Es Krim Baltic. 5(2): 122-131.

Jennifer, H. and Saptutyningsih, E. 2015. Preferensi Individu Terhadap Pengobatan Tradisional di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan. 16(1): 26-41.

Kurniasanti, S.A. 2014. Analisis dan Model Strategi Peningkatan Daya Saing Produk Edamame Beku [tesis]. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Kusnandar and Marimin. 2003. Pengembangan Produk Agroindustri Jamu dan Analisis Struktur Kelembagaannya. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan. 14(1): 40-45.

Kusuma, H. 2005. Size Perusahaan dan Probabilitas : Kajian Empiris Terhadap Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Ekonomi Pengembangan. 10(1): 81-93.

Mandasari, A.E. 2017. Peran Produk, Harga, dan Customer Service dalam Membentuk Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Kartu Pascabayar. Jurnal Ekonomi Manajemen. 3(1): 50-58.

Marimin. 2015. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Jakarta: Grasindo.

Marimin and Maghfiroh, N. 2011. Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok, Adrionita, S.TP. Bogor: IPB Press.

Mubarok, M.H. 2015. Analisis Strategi Sido Muncul dalam Menghasilkan Energi Kehidupan. Jurnal Iqtishadia. 8(1): 111-132.

Muttaqin, H., Cahyadin, M., & Widiyanti, E. (2015). Pemberdayaan Usaha Jamu Jahe Instan Di Kota Surakarta Dan Kabupaten Sukoharjo Melalui Teknologi Pengolahan Jahe. Inotek, 19(2), 124-138.

Naton, S., Radiansah, D., & Juniansyah, H. (2020). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Pisang Pada Umkm Keripik Tiga Bujang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(2), 135. https://doi.org/10.20956/jsep.v16i2.7286

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Noor, S. 2014. Penerapan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal Intekna. 14(2): 102-209.

Nuary, N.S. 2016. Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT pada PT. Super Sukses Motor Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. 2(1): 30-42.

Pramuditya, S.A., Marwati, R. and Puspita, E. 2011. Peramalan Pangsa Pasar Kartu GSM dengan Pendekatan Rantai Markov. Jurnal Euclid. 1(2): 116-124.

Pratiwi, A.H. 2009. Strategi Pemasaran Asuransi JP-Astor pada PT. Jasaharja Putera Surakarta [tugas akhir]. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pratiwi, N. 2017. Strategi Pengembangan Cinderamata Berbahan Dasar Belerang di Wisata Kawah Ijen Kabupaten Banyuwangi [tugas akhir]. Banyuwangi : Politeknik Negeri Banyuwangi.

Prawaka, M.D. 2016. Analisis Strategi Kebijakan Pembangunan Daerah Kota Bandar Lampung (Pendekatan Analisis SWOT dan AHP) [skripsi]. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Rangkuti, F. 2013. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, B.P. 2015. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Bisnis Indomaret [skripsi]. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Simbolon, F. 2013. Strategi Pemasaran Global di Pasar Indonesia. Jurnal Binus Business Review. 4(1): 405-413.

Suhartini, S., Effendi, U. and Sukardi. 2003. Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Produk Jamu. Jurnal Teknik Pertanian. 4(3): 169-178.

Sukmawati, D. A., Sosial, J., Pertanian, E., & Malang, B. (2018). Analisis Nilai Tambah Gula Kelapa Dan Strategi Pengembangan Pada Agroindustri Kecap Cap “Srk†Di Kabupaten Pacitan. 2(1), 29–40. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.01.4

Supriyono, J., Fathoni, A. and Hasional, L.B. 2016. Analisis Rencana Strategi, Pengembangan Pasar dan Kualitas Desain Terhadap Volume Penjualan pada Jamu Ratu Cantik SMK Negeri 6 Semarang. Journal Of Management. 2(2): 1-12.

Tangkeallo, C. and Widyaningsih, T.D. 2014. Aktivitas antioksidan serbuk minuman instan berbasis Miana kajian jenis bahan baku dan penambahan serbuk jahe. Jurnal Pangan dan Agroindustri. 2(4): 278-284.

Triwijayati, A. and Koesworo, Y. 2006. Studi sikap dan niat konsumsi jamu pahitan di Surabaya. Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi. 6(1): 17-41.

Utsalina, D.S. and Dewa, W.A. 2016. Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Kombinasi SWOT dan AHP. Smatika Jurnal. 6(1): 18-26.

Wahyuandari, W. 2013. Analisis Matrik Boston Consulting Group (BCG) terhadap Portofolio Produk Guna Perencanaan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo. 1(1): 88-104.

Widjaya, P.G. 2017. Analisis Segmenting, Targeting, Positioning dan Marketing Mix pada PT. Murni Jaya. Jurnal Agora. 5(1): 1-8.

Winahyu, W.M., Tjendera, E., Gutierrez, R.E., and Sadeli, J. 2008. Perencanaan Strategi Pemasaran dalam Peluncuran Produk Baru dengan Merek "Exo Coffe" pada PT. Jamu Puspo Internusa. Journal of Business Strategy and Execution. 1(1): 158-170.

Yuliawati, S. 2008. Analisis Strategi Pemasaran Obat Herbal Biomunos pada PT. Biofarmaka Indonesia, Bogor [tugas akhir]. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Yuniati, E. and Alwi, M. 2010. Etnobotani keanekaragaman jenis tumbuhan obat tradisional dari hutan di desa Pakuli kecamatan Gumbasa kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Jurnal Biocelebes. 4(1): 69-75.

Diterbitkan
2022-06-29
Cara Mengutip
Dini Nafisatul Mutmainah, Ahmad Haris Hasanuddin Slamet, Dian Kumaila Dewi, & Nadhirotul Diniyah. (2022). Strategi Pengembangan Jamu Jawa Tradisional CV. Santoso di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Food Scientia : Journal of Food Science and Technology, 2(1), 48–72. https://doi.org/10.33830/fsj.v2i1.2844.2022
Bagian
Artikel