Hubungan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Lama Studi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika
Keywords: Indeks Prestasi Kumulatif, IPK, Lama Studi, Pendidikan Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan lama studi mahasiswa Program studi pendidikan matematika UIN Bukittinggi. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah wisudawan/ti angkatan I, II dan III Program studi pendidikan matematika UIN Bukittinggi berjumlah 120 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 30 orang ditentukan dengan teknik stratified random sampling. Data pada penelitian ini berupa nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan lama studi wisudawan/ti angkatan I, II dan III Program studi pendidikan matematika UIN Bukittinggi. Dengan menggunakan analisis korelasi product momen diperoleh nilai signifikan antara Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan lama studi yaitu -0,429 dimana r = -0,429 dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan kategori sedang antara Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan lama studi mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN Bukittinggi. Temuan ini dapat dijadikan sebagai referensi oleh program studi dalam merumuskan program layanan kemahasiswaan yang sesuai dan kegiatan konsultasi mahasiwa dengan penasihat akademik.
References
Amran, A., Irrmeilyana, & Ngudiantoro. (2021). Hubungan antara IPK dengan kesesuaian tingkat pendidikan dan bidang studi pada pekerjaan alumni. Jurnal Penelitian Sains, 23(2), 67–77. http://ejurnal.mipa.unsri.ac.id/index.php/jps/index
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Atti, A., Kleden, M. A., & Lobo, M. (2021). Prediksi Lama Masa Studi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14, 113–124.
Bangun, P.B.J., Irmeilyana, A. (2012). Penerapan Analisis Procrustes pada Grafik Hasil Analisis Korespondensi Hubungan Lama Studi dengan IPK dan Lama Skripsi Alumni Matematika FMIPA UNSRI Angkatan 2002. Jurnal Penelitian Sains, 15(1), 11–14.
Bj Bangun, P., & Andarini, D. I. (2011). Analisis Korespondensi untuk Mengetahui Hubungan Lama Studi dengan IPK dan Lama Skripsi Alumni Matematika FMIPA UNSRI. Jurnal Penelitian Sains, 14, 14104.
Budiati, D., & Wilandari, Y. (2014). Analisis Hubungan Antara Lama Studi, Jalur Masuk Dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Menggunakan Model Log Linier (Studi Kasus: Lulusan Mahasiswa Fsm Undip Periode Wisuda Tahun 2012/2013). Jurnal Gaussian, 3(1), 41–50. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/gaussian
Endang Etriyanti. (2021). Perbandingan Tingkat Akurasi Metode Knn Dan Decision Tree Dalam Memprediksi Lama Studi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau, 3(1), 6–14. https://doi.org/10.52303/jb.v3i1.40
Fajriany, M., N, V. K., Arifiani, W., Z, S. Z., A, N. A., Raya, J., Km, P., Serang, K., & Banten, P. (2023). Hubungan Asosiasi Antara IPK Dengan Waktu Belajar Mahasiswa / i Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 1(5).
Kelly, W. E., & Clanton, R. C. (2001). The Relationship Between Sleep Length And Grade-Point Average Among College Students. 35(1), 84–86.
Laili, N. (2020). Aspek Psikologi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Dengan Capaian Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Vokasi. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 7–17. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.67
Malini, A., Hikmah, N., Wahidaturrahmi, W., & Hayati, L. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA NW Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 711–719. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.109
Medika, G. H., & Tomi, Z. B. (2020). Hubungan Lama Studi dengan Nilai Ujian Komprehensif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Bukittinggi. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 12(1), 1. https://doi.org/10.31958/js.v12i1.2091
Medika, G., Kardena, A., Afrida, Y., & Tomi, Z. (2019). The Correlation Among Grade Point Average to The Students’ Comprehensive Test Score at Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Bukittinggi. 4. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2019.2289762
Mulyani, E., Wahyuningsih, S., & Natalliasari, I. (2019). Adversity Quotient Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Keterkaitannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.418
Putri, Y. L. D. (2021). Mengidentifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lama Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Regresi Cox Proportional Hazard. Karya Ilmiah, 1, 1-9.
Rahmat, T., & Medika, G. H. (2023). Hubungan Indeks Prestasi Komulatif (Ipk) Dan Lama Studi Terhadap Nilai Ujian Komprehensif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. 7(1), 24–33.
Ramadhoni, M. (2018). Hubungan Indeks Prestasi Kumulatif Dan Lama Studi Dengan Nilai Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Peserta First Taker Fakultas Kedokteran Universitas Andalas [Universitas Andalas]. http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32529
Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru - Karyawan dan Peneliti Pemula.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan.
Tomi, Z. B., & Nuryanuwar, N. (2022). Korelasi Antara Indeks Prestasi Kumulatif dan Nilai Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 166. https://doi.org/10.30983/lattice.v2i2.6021
Copyright (c) 2024 Gema Hista Medika, Zebbil Billian Tomi, Helma Mustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.