PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IKAT CELUP TEKNIK JUMPUTAN KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords: ikat celup, media pembelajaran, teknik jumputan, video tutorial
Abstract
Di Indonesia tie-dye disebut jumputan. Kain jumputan terkenal dan dikagumi banyak orang karena pada proses pengerjaannya murni hand made dan hasil motifnya unik. Batasan masalah penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media tutorial terhadap minat belajar siswa pada materi ikat celup teknik jumputan siswa kelas V SDS Muhammadiyah 6 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial dalam ikat celup teknik jumputan, dan mendeskripsikan hasil pembelajaran menggunakan video tutorial siswa kelas V SDS Muhammadiyah 6 Medan. Jenis penelitian yang dipakai adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian yang digunakan peneliti yaitu Probability Sampling dengan tujuan peneliti mengambil keputusan yang menjadi perhatian penelitian ini adalah siswa kelas V SDS Muhammadiyah 06 Medan pada kelompok kecil berjumlah 18 orang. Dari hasil keseluruhan karya siswa diatas, terdapat perbedaan antara karya sebelum dan sesudah adanya media pembelajaran ikat celup teknik jumputan yaitu yang paling menonjol dari intensitas warna, yang mana warna yang dicelupkan kurang meresap dengan baik dikarenakan dalam proses pewarnaanya peserta didik menggunakan air biasa sehingga warnya yang dihasilkan kurang pekat masih terdapat bercak–bercak putih pada kain. Pembuatan video tutorial ikat celup teknik jumputan siswa kelas V SDS Muhammadiyah 6 Medan dilakukan dengan tiga tahap yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Penggunaan video tutorial dalam pembelajaran ikat celup teknik jumputan dianggap sebagai metode yang dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa, juga membantu guru dalam memberikan pemahaman secara audio visual dalam proses belajar mengajar.
References
Asrofiyah, N., Trihanondo, D., & Yuningsih, C. R. (2021). Kajian Ikat Celup Dari Sudut Pandang Seni Rupa Di Masa Pandemi (studi Kasus: Play With Pattero Dan Club Juma).eProceedings of Art & Design,8(2).
Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring.Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi,5(1), 31-47.
Erni, E., & Farihah, F. (2021). Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Teknologi Menjahit Dalam Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19.Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,18(1), 121-131.
Fatimah, D. D. S., Tresnawati, D., & Nugraha, A. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Berbasis Multimedia Dengan Pendekatan Metodologi (R&D).Jurnal Algoritma,16(2), 173-180.
Hamzah, A. (2021).Metode penelitian & pengembangan (research & development) uji produk kuantitatif dan kualitatif proses dan hasil dilengkapi contoh proposal pengembangan desain uji kualitatif dan kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.
Haryanti, S., & Suwerda, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Praktik Pada Mata Kuliah Keselamatan Dan Kesehatan Kerja.JurnalPendidikan,10(1), 79-88.
Hasnunidah, N. (2017). Metodologi penelitian pendidikan.Yogyakarta: media akademi.
Lestyani, D. A., Irvan, M., & Dewantoro, D. A. (2021). Pengembangan Media Video Membuat Batik Jumput Tanpa Proses Perebusan bagi Peserta Didik Tunarungu.Jurnal Ortopedagogia,7(2), 91-96.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi.EDISI,3(2), 312-325.
Mila, L. A. (2019).Pengembangan media berbasis Android pada pembelajaran Matematika Realistik(Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Mujiono, N. F. N. (2021). Flipped Classroom: Sekolah tanpa Pekerjaan Rumah.Jurnal Teknodik, 67-79.Rahayu, D. W.(2018). Penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan kreativitas anak sekolah dasar.Proceedings of the ICECRS,1(3), v1i3-1372.
Sabana, C., Din Jannah, K., Mahirun, M., & Taruna, S. (2017). Kajian Feasibility Study Industri Batik Tegal.Sitepu, E. N. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital.Prosiding Pendidikan Dasar,1(1), 242-248.
Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2020). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.Jurnal Cerdas Proklamator,8(2), 118-123.
Sutrisno, S., Pratama, A., & Rani, H. A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi Siswa Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Tonjong.Joined Journal (Journal of Informatics Education),2(2), 1-6.
Copyright (c) 2023 Pena Anda: Journal of Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.