Mahjong Math: Media Permainan sebagai Penguat Konsep Bangun Datar dan Bangun Ruang dalam Pembelajaran Matematika
Keywords: bangun datar, bangun ruang, mahjong math, media pembelajaran, permainan matematika
Abstract
Konsep-konsep matematika yang abstrak membutuhkan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami dan/atau menguatkan konsep-konsep tersebut. Media permainan menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan mempermudah siswa memahami konsep-konsep matematika, salah satunya konsep geometri. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan media permainan Mahjong Math sebagai penguat konsep sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang sisi datar. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE. Data dikumpulkan dengan cara kajian pustaka, kuisioner, observasi, dan wawancara. Responden penelitian adalah ahli (dosen dan guru matematika) dan pengguna (siswa kelas IX SMP). Uji coba produk dilakukan di SMPK BHAKTI Rogojampi. Analisis data dilakukan dengan cara gabungan sesuai jenis data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Mahjong Math layak digunakan berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif berdasarkan penilaian ahli dan pengguna. Oleh karena itu, media Mahjong Math dapat diujikan pada skala yang lebih besar atau dikembangkan ulang untuk konsep-konsep matematika lainnya.
References
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Permainan Kartu Domino sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas IV SD. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 115–120. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.435
Angraini, P., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan: Problematika Geometri pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pundong. Proceedings of The 1st STEEEM 2019, 1(1), 118–122. https://seminar.uad.ac.id/index.php/STEEEM/article/view/2780
Ayda, E. (2017). Pengembangan Media Permainan Dakon pada Pembelajaran Matematika SMP Materi Bilangan Bulat. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2017, 279–284. https://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-42.pdf
Deviana, D., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131
Duarmas, Y. E., Batkunde, Y., & Bacori, Z. (2022). Penggunaan Media Permainan Ludo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mandalika Mathematics and Education Journal, 4(1), 1–10. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/MANDALIKA/article/view/3236
Fitriani, A., Baharullah, B., & Husniati, A. (2022). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skill terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Pedagogika, 13(02), 135–149. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1465
Fitriani, N., Suryadi, D., & Dirham, D. (2018). Analysis of mathematical abstraction on concept of a three dimensional figure with curved surfaces of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1)(1), 12037. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012037
Fitriyani, I., Astuti, E. P., & Nugraheni, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Geometri Materi Bangun Datar pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 163–174. https://doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.163-174.
Hada, K. L., Maulida, F. I., Dewi, A. S., Dewanti, C. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodi pada Materi Geometri Transformasi: Tahap Expert Review. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 155–178. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12047
Hobri. (2021). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Pena Salsabila.
Indah, B. P., & Safaruddin. (2022). Pengembangan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal JPSD, 3(1), 1–8. https://doi.org/https://www.researchgate.net/publication/357736152
Indrayany, E. S., & Lestari, F. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Geometri dan Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Ditinjau dari Teori van Hiele. Jurnal Math Educator Nusantara, 5(2), 109–123. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13729
Kania, N. (2017). Efektivitas Alat Peraga Konkret terhadap Peningkatan Visual Thinking Siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 64–71. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i2.350
Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220215_093900_Salinan Kepmendikbudristek No.56 ttg Pedoman Penerapan Kurikulum.pdf
Mufti, N. N., Pranata, O. H., & M, M. R. W. (2020). Studi Literatur: Tangram sebagai Media Pembelajaran Geometri. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 93–99. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3566
Novita, R., Charista, R., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab Kesulitan Belajar Geometri Dimensi Tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18–29. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(1), 171–187. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Maju, 7(1), 98–102. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.203
Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1), 22–28. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183
Okpatrioka. (2023). Research and Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), Educational Design Research (pp. 10–51). Netherlands Institute for Curriculum Development. https://slo.nl/publish/pages/2904/educational-design-research-part-a.pdf
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173–181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Rahman, A. A., & Amalia, Y. (2019). Development of Domino Card as Math Learning Media to Train Students’ Conceptual Understanding. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2), 91–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v9i2.3089
Rusli, A., & La Nani, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Garis dan Sudut. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 61–64. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/sjk.v6i2.3891
Sahara, R. I. A., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 911–920. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.911-920
Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 33–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4471
Sismiyati. (2019). Eksplorasi Bentuk-Bentuk Geometri dengan Berbagai Media untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada TK Pertiwi Keceman 2 Manisrenggo Klaten. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 104–107. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpd.v7i2.44454
Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran (A. Dedy (ed.)). CV Pustaka Abadi.
Susanto. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Deepublish.
Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297–305. https://doi.org/10.36722/sh.v2i4.177
Syar, N. I. (2020). Analisis Kemampuan Operasi Logik Siswa SMA dalam Mata Pelajaran Fisika pada Tahap Operasional Formal. Jurnal Pedagogik, 7(2), 59–94. https://doi.org/http://doi.org/10.33650/pjp.v7i2.1516
Ural, A. (2016). Investigating 11th grade students’ Van-Hiele level 2 geometrical thinking. Journal of Humanities and Social Science, 21(12), 13–19. https://www.iosrjournals.org/iosr-jhss/papers/Vol.%2021%20Issue12/Version-6/C2112061319.pdf
Wati, W. R. (2022). Analisis Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Geogebra dalam Menghitung Volume dan Luas Permukaan Balok di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 115. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.12430
Yanti, C. O. D., Anggraini, F., & Darwanto. (2019). Media Pembelajaran Matematika Interaktif dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa. SEMNASFIP, 201–206. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/5128
Copyright (c) 2024 Ari Miftahul Jannah , Eko Listiwikono, Rachmaniah Mirza Hariastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.