Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal melalui Pendekatan Teaching at the Ringht Level (TaRL)
Keywords: Literasi Dasar, Pendekatan TaRL, Kemampuan Membaca
Abstract
Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TaRL terhadap literasi membaca peserta didik SD. Model penelitian yang diterapkan menggunakan proses pemebelajaran TaRL (Teaching at the Right Level). Model pembelajaran ini dikelompokan berdasarkan level pengetahuannya. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas I sampai kelas IV dengan jumlah peserta didik sebanyak 374 untuk 6 sekolah di SD Kecamatan Monta Kabupaten Bima dan menggunakan teknik total sampling. Untuk mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik yaitu dengan cara tes lisan. Kemampuan literasi membaca peserta didik dalam penelitian ini dibagi menjadi lima level yaitu: (1) Level Pemula,(2) Level Huruf, (3) Level Kata, (4) Level Paragraf, (5) Level Cerita. Berdasarkan data yang diperoleh pada level pemula sebesar 100 % peserta didik telah naik level, Pada level huruf sebesar 6% peserta didik telah naik level, kemudian pada level kata sebesar 47% peserta didik telah naik level, sedangkan level paragraf terjadi penambahan peserta didik sebanyak 12 orang, untuk level cerita sebesar 213% peserta didik telah naik level. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TaRL dapat berpengaruh meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik dengan persentase sebanyak 78% peserta didik telah mengalami peningkatan level kemampuan membaca.
References
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Barasandji, S., Program, M., & Dalam, G. (2014). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas I SDN Nambo Kec . Bungku Timur. Jurnal Pendidikan, 3(1), 147–160. https://media.neliti.com/media/publications/110923-ID-meningkatkan-keterampilan-membaca-permul.pdf
Blömeke, S., Jentsch, A., Ross, N., Kaiser, G., & König, J. (2022). Opening up the black box: Teacher competence, instructional quality, and students’ learning progress. Learning and Instruction, 79(March 2020). https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2022.101600
Erfan, M., Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., & Hamdani, I. (2021). Identifikasi wawasan literasi dasar guru dalam pembelajaran berbasis level kemampuan siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1–18.
Ilmiah, J., Muhammadiyah, U., Asiza, N., Rahman, A., & Irwan, M. (2023). TaRL : Potensi dan Tantangan Proses Pembelajaran di SD Parepare. 492–500.
Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1--206.
Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664
Meishanti, O. P. Y., & Fitri, N. A. R. (2022). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Inspiratif Pendekatan Tarl Berbasis PJBL Melalui Pembelajaran Literasi Sains Materi Virus. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 8(1), 1–13. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/2783
Mueller, S. M., & Brand, M. (2018). Approximate number processing skills contribute to decision making under objective risk: Interactions with executive functions and objective numeracy. Frontiers in Psychology, 9(JUN), 1–16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01202
Munawaroh, A. N., Jayadinata, A. K., & Aeni, A. N. (2017). Penerapan Metode TaRL (Tim Arsitek Lanskap) Menggunakan Media Bks (Buku Kerja Siswa) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Petunjuk Denah. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2051–2060. ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3566/pdf%0A%0A
Ningsyih, S., Yuliance, S., Haryati, M. S., Syarifudin, Zulharman, & Ahyar. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Melalui Pembelajaran TaRL pada Program Gemar Literasi Sekolah Dasar. STKIP Taman Siswa Bima, 1–5. http://semnas.tsb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/142%0Ahttp://semnas.tsb.ac.id/index.php/prosiding/article/download/142/95
Nurjanah, E. (2022). Analisis Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students …, 5(6), 1231–1240. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/14532
OECD, O. (2019). Social Impact Investment 2019 The Impact Imperative for Sustainable Development. OECD.
Ramadhani, A. W., & Minsih, S. A. (2019). Literasi Membaca Siswa SD Negeri Mangkubumen Kidul 16. Skripsi, 1–18.
Rosyidah, A. N. K., Husniati, Widodo, arif, & Khair, B. N. (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Darek Lombok Tengah. Journal of Elementary Education, 5(1), 53–58. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9979
Sismulyasih Sb, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 68. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5341
Umar, & Widodo, A. (2022). Analysis of the Numerical Ability of Elementary. Jurnal Scientia, 10(02), 270–274.
Yolanda, Y. (2018). Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learniing (Pbl) Di Sekolah Dasar. PAKAR Pendidikan, 16(2), 29–39. https://doi.org/10.24036/pakar.v16i2.43
Yu, S., Pang, H., Huang, S., Tang, H., Wang, S., Qiu, M., & ... (2021). Recent advances in metal-organic framework membranes for water treatment: a review. Science of The Total …. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0048969721047379
Copyright (c) 2023 syarifudin syarifudin, Nurrahmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.