Pengembangan E-Modul Bilangan Bulat Berbasis Microsoft Teams untuk Mengoptimalkan Kemampuan Komunikasi Matematis
Keywords: Komunikasi Matematis, ADDIE, Konten, Platform, Microsoft Teams
Abstract
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengembangan konten berbentuk e-modul di platform Microsoft Teams yang valid, praktis dan efektif dalam mengoptimalisasi kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan (RnD) bermodel ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu 30 murid kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi, angket respon murid, serta tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan uji validitas, konten dengan skor rata-rata 93,33 berkategori valid dari segi media dan hasil uji validasi ahli materi dengan skor rata-rata 30,67 berkategori valid. Berdasarkan hasil angket respon murid, memperoleh skor rata-rata 42,67 berkategori praktis. Data hasil posttest diperoleh skor rata-rata 82,92 dan pretest dengan skor rata-rata 45,92. Hasil dari uji paired sampel t-test diperoleh 0,00<0,05 dengan arti adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis sebelum dan ssesudah pembelajaran dengn konten berupa e-modul bilangan bulat pada platform Microsoft Teams tersebut. Hasil N-Gain memperoleh skor 0,68 dengan kategori sedang. Sehingga disimpulkan bahwa konten berupa e-modul bilangan bulat pada platform Microsoft Teams yang dikembangkan dapat dikatakan efektif untuk mengoptimalisasi kemampuan komunikasi matematis murid.
References
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
Burova, A., Palma, P. B., Truong, P., Mäkelä, J., Heinonen, H., Hakulinen, J., Ronkainen, K., Raisamo, R., Turunen, M., & Siltanen, S. (2022). Distributed Asymmetric Virtual Reality in Industrial Context: Enhancing the Collaboration of Geographically Dispersed Teams in the Pipeline of Maintenance Method Development and Technical Documentation Creation. Applied Sciences (Switzerland), 12(8). https://doi.org/10.3390/app12083728
Fauzi, R., & Hayya, A. W. (2022). Development of STEM-based interactive e-module on ecology topic for senior high schools’ student. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 5(2), 89–100. https://doi.org/10.17509/aijbe.v5i2.44785
Hutomo, B. A., Saptono, S., & Subali, B. (2022). Development of E-module Based on Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) To Improve Science Literacy of Junior High School Students. Journal of Innovative Science Education, 11(2), 241–249. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jise.v10i1.54066
Isnaeni, W., Sujatmiko, Y. A., & Pujiasih, P. (2021). Analysis of the Role of Android-Based Learning Media in Learning Critical Thinking Skills and Scientific Attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(4), 607–617. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i4.27597
Kennedy, A., & Wartoyo, F. X. (2024). Harmonizing Diversity: Pancasila’s Role as The Cornerstone of Multi-Cultural Harmony As Legal Discours. Global International Journal of Innovative Research, 2(4), 747–759. https://doi.org/10.59613/global.v2i4.137
Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905–923. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170
Lubis, R. A., Fitriani, N., & Sariningsih, R. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan E-Lkpd Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Ma Pada Materi Spltv. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1473–1483. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17783
Melisa, Arafah, A. A., Sukriadi, Rahmi, R. P., Iksam, & Wahyuningsih, T. (2020). Pengembangan WEBANGDA sebagai Media Pembelajaran Digital berbasis Weebly dan Wordwall Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.
Naila, I. (2023). The Analysis of Online Learning Using Microsoft Teams on Third-grade Elementary School Students’ Motivation. Nternational Conference on Learning Innovation and Research in Basic Education, 2022, 105–119. https://doi.org/10.18502/kss.v8i8.13290
Pal, D., & Vanijja, V. (2020). Perceived usability evaluation of Microsoft Teams as an online learning platform during COVID-19 using system usability scale and technology acceptance model in Indiia. Children and Youth Services Review 119, 119(January), 1–13.
Rahmah, L., Johar, R., & Saminan, S. (2022). Efektivitas Pembelajaran Grafik Fungsi Trigonometri melalui ELPSA Framework Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 42. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.10963
Sandri, E., & Mailani, E. (2021). Pengembangan E-Modul Bercirikan Etnomatematika Suku Simalungun Berbasis Hots pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 098167. Jurnal Sekolah PGSD Unimed, 5(4), 78–86.
Sari, H. M., Syahputra, E., & Mulyono, M. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Literasi, Spasial dan Komunikasi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VIII di Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 820–830. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2234
Sari, P. K., & Sutihat. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(3), 509–526. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i3.24789
Setiawan, H., Fitriani, N., & Sabandar, J. (2022). Development of Junior High School Mathematics Teaching Materials Assisted By Geogebra Software With a Contextual Approach To Improve Mathematical Creative Thinking. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 10(2), 219–311. https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n2a3
Siswanto, D. H., Alghiffari, E. K., & Setiawan, A. (2024). Analysis of Electronic Student Worksheets Matrix Requirements Using a PBL Flipbook Model to Stimulate Critical Thinking Skills. Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning, 14(1), 36–44. https://doi.org/https://doi.org/10.37134/ajatel.vol14.1.4.2024
Siswanto, D. H., Maretha, D. G. A., Alghiffari, E. K., & Mahmudah, K. R. (2024). Design and Testing of Scientific-based SPLDV Flip Worksheets. Indonesian Journal of Educational Science and Technology (Nurture), 3(2), 75–88. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/nurture.v3i2.9312
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarso, Fitriana, E., & Siswanto, D. H. (2024). Keefektifan Fitur-Fitur pada Aplikasi Telegram sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research (PJMSR), 3(2), 99–109. https://ejournal.papanda.org/index.php/pjmsr/article/view/958
Yansyah, M., Yansyah, M., A., M., Amran, H. F., & Handayani, R. (2022). Application of Microsoft Teams Applications in Mathematics Learning. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 13(03), 528–536. https://doi.org/10.61841/turcomat.v13i03.13051
Yogyanto, N., Pisriwati, S. A., & Siswanto, D. H. (2024). Education on the Contextual Utilization of Information Technology Based on the IoT in the Daily Lives of Senior High School Students Nurcahyo. Civitas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 21–27. https://journal.idscipub.com/civitas/article/view/335
Yunita, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 112–126.
Zuwandi, M. I., Prayitno, S., Hikmah, N., & Amrullah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Website untuk Meningkatkan Minat dan Kemandirian Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index
Copyright (c) 2024 Deny Hadi Siswanto, Samsinar, Sri Rahayu Alam, Andriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.