Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Graf Menggunakan Teori Newman: Studi Kasus pada Mahasiswa Departemen Matematika
Keywords: teori graf, kesulitan, mahasiswa, metode newman
Abstract
Dalam topik teori graf, mahasiswa masih sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan soal teori graf, sehingga dapat mengetahui dan memahami letak kesalahan yang dihadapi dalam menyelesaikan soal serta dapat dijadikan sebagai rekomendasi atau rujukan dalam penelitian selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari delapan mahasiswa departemen matematika yang telah menempuh mata kuliah teori graph yang mengerjakan tes tertulis dengan tiga di antaranya dipilih secara purposive sampling untuk diwawancari. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara, dan catatan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif. Analisis menunjukkan bahwa kesalahan dalam memahami soal adalah yang paling umum, terutama dalam mengaitkan informasi dengan konsep dasar. Istilah teknis seperti trail, walk, dan path juga menjadi sumber kebingungan. Selain itu, kesalahan dalam proses penyelesaian soal dan representasi graf terlihat ketika mahasiswa berusaha menggambar graf sederhana. Kesalahan menulis hasil akhir muncul akibat ketidakpastian dalam langkah-langkah penyelesaian, yang menunjukkan pentingnya perhatian terhadap detail dan pengecekan jawaban sebelum diserahkan. Kesalahan dalam menulis hasil akhir, meskipun ada, tidak sekompleks kesalahan lainnya.
References
Andriyan, C. F., & Rosyida, I. (2022). Nilai Ketakteraturan Titik Total Pada Graf Dove Tail Dengan Titik Pendan Dan Graf Rantai Kaktus Cycle C8 Dengan Titik Pendan. Unnes Journal of Mathematics, 11(2), 106-111. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujm/article/view/37008/22978
Assulton, A. R. A., & Lestari, A. S. B. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga Operasi Bilangan Bulat. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-7. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/hexagon_jipm/article/view/6003
Bahar, E. E., Fitriani, F., & Nursakiah, N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Pada Kelas XI SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2136
Bala, S., Zulfikar, R. N., & Aba, M. M. (2023). Jenis-jenis Kesalahan Dan Faktor Penyebab Dalam Penyelesaian Masalah Matematis Dengan Materi Perbandingan Pada Siswa Smp Muhammadiyah Kupang Kelas VII. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 652-658.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Etika, E. D. (2017). Artikel; Profil Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Stkip Pgri Nganjuk Dalam Menyelesaikan Soal Teori Graf Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Dharma Pendidikan, STKIP PGRI Nganjuk, 12(1), 60-66.
Hadaming, H., & Wahyudi, A. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Judikdas: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(4), 213–220. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i4.484
Halawa, N., Telaumbanua, Y. N., Zega, Y., & Mendrofa, R. N. (2024). Kesalahan Peserta Didik Dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Metode Newman. Jurnal Suluh Pendidikan, 12(1), 51-62.
Mali, M. D., & Son, A. L. (2023). Pembelajaran Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(2), 117-124.
Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya konsep dasar matematika pada kehidupan sehari-hari dalam masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1-10.
Saputro, T. V. D., Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2023). Pemahaman Konsep Dasar Matematika Mahasiswa di Wilayah Perbatasan Indonesia–Malaysia: Bagaimana Tantangannya?. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(2), 145-157.
Suriyah, P., Waluya, S. B., Dwijanto, D., & Rosyida, I. (2022, September). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Graf Berdasarkan Prosedur Newman. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 884-887).
Turmuzi, M., Dasing, A. S. H., Baidowi, B., & Junaidi, J. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Secara Online (E-learning) Selama Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 900–910. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.482
Yahya, Y., Mirnawati, Triana, S., & Irmayanti. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Teori Graph. Journal Of Mathematics Learning Innovation (JMLI), 2(2), 112–123. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v2i2.6476
Yazidah, N. I., Sulistyorini, Y., & Kartika, E. D. (2022). Analisis Kesalahan dalam Pembuktian Teorema Bilangan Bulat pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 17–26. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3903
Copyright (c) 2025 Wulan Indriasari, Puguh Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.