Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Berdasarkan Teori APOS pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat
Keywords: Pemahaman Matematis, persamaan dan fungsi kuadrat, teori APOS, sekolah menengah kejuruan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan dan fungsi kuadrat berdasarkan teori APOS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan terdiri dari empat soal tes berbentuk uraian yang disusun berdasarkan teori APOS, serta pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah sembilan siswa kelas XII SMK NU Martapura dari berbagai jurusan yang telah mempelajari materi persamaan dan fungsi kuadrat. Subjek dikelompokkan ke dalam tiga kategori kemampuan, yaitu tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada subjek yang memenuhi semua tahapan teori APOS pada setiap kelompok kemampuan. Pada kelompok dengan kemampuan tinggi, seluruh subjek mampu memenuhi tahap aksi dan proses, sedangkan pada tahap objek hanya satu subjek yang memenuhi dan dua subjek lainnya tidak. Kondisi serupa terjadi pada tahap skema. Pada kelompok dengan kemampuan sedang, hanya dua subjek yang memenuhi tahap aksi, satu subjek memenuhi tahap proses, sementara tahap objek dan skema tidak terpenuhi oleh semua subjek. Kelompok dengan kemampuan rendah tidak memiliki subjek yang memenuhi semua tahapan teori APOS.
References
Afgani, M. W., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2017). Analysis of Undergraduate Students’ Mathematical Understanding Ability of the Limit of Function Based on APOS Theory Perspective. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012056
Azira, M., Hasbi, M., & Umam, K. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Teori APOS pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VIII SMP Negeri 1 Ingin Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 8(1), 96–104. https://jim.usk.ac.id/pendidikan-matematika/article/download/26267/12303
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/2033/pdf/
Dinullah, R. N. I., & Ernawati. (2021). Jurnal Terapan Sains & Teknologi ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN TAHAPAN APOS PESERTA DIDIK PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. RAINSTEK (Jurnal Terapan Sains & Teknologi), 3(4), 282–295. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/view/6335/3340
Fitria, M. (2020). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL INTEGRAL BERDASARKAN TEORI APOS. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(1), 48–54. https://doi.org/https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.59
Fitria, M., Yanti, W., & Hidayat, F. (2024). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Berdasarkan Teori APOS Dalam Perkuliahan Daring Materi Turunan. Nusantara Journal of Education and Social Science, 1(1), 25–31. https://doi.org/https://doi.org/10.69959/ nujess.v1i1.17
Handayani, K. I., Damris, M., & Kamid. (2021). Pemahaman Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat dan Fungsi Rasional Berdasarkan Teori APOS ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependence dan Field Independence. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1650–1660. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.659
Honey A, C. A., Jamiah, Y., & Halini. (2023). KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX SMP. Jurnal AlphaEuclidEdu, 4(1), 74–85. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/ ja.v4i1.66556
Isnani, I., Waluya, S. B., Dwijanto, D., & Asih, T. S. N. (2022). “Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Berbasis Teori APOS Pada Pembelajaran Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 546–549. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Natalia, S. S., Sujatmika, P., & Chrisnawati, H. E. (2017). ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 1(5), 104–117.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan. [Online]. Tersedia di: https://repositori.kemdikbud.go.id/10826/1/Standar%20Nasional%20Pendidikan%20SMK%20dan%20MAK.pdf
Radiusman, R. (2020). STUDI LITERASI: PEMAHAMAN KONSEP ANAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Restiana, N., Fathurrahman, M., & Nindiasari, H. (2019). Materi Kompetensi Matematika Lulusan SMK dan Kebutuhan Dunia Industri. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1430
Sakdiyah, H., & Manoy, J. T. (2023). UNDERSTANDING THE CONCEPT OF ALGEBRAIC FORM USING APOS THEORY IN TERMS OF PERSONALITY TYPE. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 6(2), 93–107. https://doi.org/10.30598/jupitekvol6iss2pp93-107
Santos, E. M. (2019). “A look into students’ conceptual understanding of the definite integral via the APOS model”. AIP Conference Proceedings, 2194. https://doi.org/10.1063/1.5139842
Vebianti, F. M., Sunardi, Suwito, A., Trapsilasiwi, D., & Oktavianingtyas, E. (2022). Analysis of Geometry Problem Solving Based on APOS Theory for Class IX Students. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 3(1), 33. https://doi.org/10.37303/jelmar.v3i1.69
Wachidah, L. R., Laila, Y., Irmawati, A., & Amin, S. (2021). Implementasi Penggunaan Tes Essay dalam Evaluasi Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tlanakan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16–26. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.5274
Wahyuningsih, H., Chairun Nissa, I., & Yuntawati. (2019). Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP MATARAM Analisis Kemampuan Siswa Dalam Memahami Konsep Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Berdasarkan Teori APOS. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 36–50. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm
Winarsih, M., Helti, D., & Mampouw, L. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Profil Pemahaman Himpunan oleh Siswa Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika Ditinjau dari Teori APOS. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Windasari, I. Y., Prasetyowati, D., Shodiqin, A., & PGRI Semarang, U. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Teori Apos pada Materi Barisan Geometri di Kelas XI SMA Negeri 1 Godong. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 417–427. https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/download/6664/3572
Copyright (c) 2024 Ismi Ardiandari Nur Khalizah, Mia Fitria, Dina Maulida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.